Senin, 09 Agustus 2010

Manfaat Air Perasan Jeruk Nipis


Jeruk Nipis mudah didapat di pasar dengan harga yang relatif murah. Rasa jeruk nipis yang asam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok. Dari kandungan berbagai minyak dan zat di dalamnya, jeruk nipis dimanfaatkan untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung.Jeruk Nipis ini menpunyai banyak manfaat, diantaranya bisa diaplikasikan:

1. Air jeruk nipis yang diberi sedikit air kapur sirih juga dapat melenyapkan gatal-gatal di tenggorokan dan menyembuhkan batuk serta pilek. Dengan meminum air jeruk nipis secara teratur, tiap pagi, siang dan malam, akan dapat menjamin kestabilan kerampingan badan, juga mencegah batuk. Untuk mengobati batuk, campurlah perasan jeruk nipis dengan kecap, dijamin batuknya langsung lenyap.

2. Bila segelas air hangat yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis, dan diminum tiap pagi merupakan minuman yang dapat membuat suara kita menjadi merdu.

3. Dengan menggosok-gosokkan jeruk nipis pada kulit dapat membuat pori-pori kulit menjadi lebih kecil dan juga dapat melenyapkan lemak pada kulit yang berminyak.

4. Bila jeruk nipis dibelah dua dan digosok-gosokkan pada kulit tubuh maupun kulit muka, maka dapat membuat kulit menjadi lebih putih dan lebih halus, di samping itu kulit tangan bisa menjadi lebih lembut.

5. Untuk membuat kuku bersih dan cemerlang, gunakanlah sedikit air jeruk nipis untuk menggosok kuku yang buram.

6. Untuk jenis rambut berminyak yang biasanya cepat kotor, cucilah dengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk nipis. Hasilnya, selain tak cepat kotor, rambut akan menjadi lebih halus dan lembut kemilau.

7. Untuk menghilangkan ketombe, gunakan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Biarkan kering selama 20 sampai 30 menit, lalu dikeramas. Lakukan dua atau tiga kali.

8. Untuk mencuci pakaian, juga bisa, tambahkan rendaman pakaian dengan air perasan jeruk, pasti hasilnya akan lebih bagus dan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CREATIVE BY JACKFROST HIDEOUT | MASIH PEMULA | MOHON KRITIK DAN SARAN